Badai PHK Menggila, Ini Tips Dapat Kerja Impian di 2024


Badai PHK Menggila, Ini Tips Dapat Kerja Impian di 2024

Kabar pemutusan hubungan kerja (PHK) masih marak terjadi. Data baru Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat (AS) pun mengungkapkan dibutuhkan waktu lebih lama bagi para pengangguran untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan tahun lalu.

Namun bukan berarti Anda tetap tidak bisa menemukan pekerjaan impian Anda. Meski jalannya berbatu, Anda tetap dapat melakukannya. Berikut tips dan trik mencari kerja impian, seperti dihimpun dari CNBC International.

 

Setelah di-PHK, Segera Buka Networking

Jika Anda baru saja kehilangan pekerjaan, berikut beberapa saran singkat tentang cara pulih dari PHK dari Fana Yohannes, pemimpin komunikasi di Instagram dan pendiri Here2Help, komunitas pencarian kerja dan bimbingan:

ü  Temukan komunitas daring. Terhubung dengan orang-orang yang baru saja atau sebelumnya diberhentikan. Memahami bahwa Anda tidak sendirian dan berbagi nasihat dapat sangat membantu di saat seperti ini.

ü  Jaringan. Hadiri acara industri, baik secara langsung atau virtual. Kunci untuk menemukan peluang Anda berikutnya adalah terus bergerak.

ü  Jujur tentang status pekerjaan Anda. Bagi banyak orang, PHK bukanlah hal yang mudah untuk diakui. Namun, begitu Anda melepas plester tersebut, rasanya seperti berkencan: Semakin banyak orang yang Anda beri tahu, semakin besar peluang Anda untuk membantu menemukan pasangan - atau dalam hal ini, pekerjaan.

"Dan, meskipun merasa sedih atau marah karena PHK adalah hal yang wajar, penting juga untuk melihat sisi baiknya ketika Anda bisa menemukan ruang untuk berpikir. Pekerjaan itu tidak berhasil. Sekarang, sudah jelas bagi Anda untuk menemukan pekerjaan impian atau batu loncatan menuju karier impian Anda," kata Yohannes.

 

Bikin Resume yang Menonjol

Satu hal yang sudah pasti setelah di-PHK: langsung memperbarui resume atau CV dan surat lamaran Anda untuk perusahaan dan pekerjaan yang akan dilamar. Namun jangan menyebarkan resume yang sama untuk banyak perusahaan, sebaiknya luangkan waktu ekstra untuk menyesuaikan resume kepada tiap-tiap perusahaan yang dituju.

"Anda ingin memastikan bahwa apa yang Anda tampilkan di resume Anda selaras dengan apa yang dicari perusahaan," kata Octavia Goredema, pelatih karier dan penulis 'Prep, Push, Pivot'.

Berikut beberapa tip membuat resume yang cepat dan menonjol:

ü  Baca deskripsi pekerjaan dan tiru beberapa bahasa saat menjelaskan pengalaman Anda.

ü  Ukur pencapaian Anda dengan angka spesifik jika memungkinkan.

ü   Atur pengalaman Anda dimulai dengan pekerjaan di mana Anda melakukan tugas yang serupa dengan yang ada dalam deskripsi pekerjaan.

ü  Pilih hanya enam keterampilan untuk disoroti di resume Anda. Beberapa ahli mengatakan, pertahankan hanya tiga atau empat hal yang paling diminati oleh pemberi kerja.

ü  Hindari kata dan frasa umum yang luas di bagian keahlian Anda seperti "penjualan", "hubungan pelanggan", "strategi pemasaran", dan "berbicara di depan umum". Julie Bauke, pendiri dan kepala strategi karier The Bauke Group, mengatakan daftar empat hingga enam di antaranya bisa terlihat seperti "muntah verbal."

ü  Cobalah untuk tetap menggunakan templat resume tradisional. Jangan terlalu kreatif dengan resume Anda kecuali Anda melamar pekerjaan yang kreatif. Maka tidak apa-apa untuk sedikit memamerkan kreativitas Anda.

ü  Jangan melebihi dua halaman, dan sisakan banyak ruang putih. Bauke mengatakan untuk mencoba membuat resume satu halaman, terutama jika Anda masih berada di awal karir Anda.

"Resume Anda adalah salah satu kesan pertama yang dimiliki manajer perekrutan terhadap Anda, dan kemampuan Anda untuk mengedit dan mempromosikan diri sendiri sangatlah penting," katanya.

 

Sukses dalam Tahap Wawancara

Jeff Hyman, CEO perusahaan rekrutmen eksekutif Recruit Rockstars, mengatakan rahasia sukses dalam wawancara kerja melibatkan dua hal utama, yakni kepercayaan diri dan persiapan.

"Anda harus berperan sebagai detektif dan mencari tahu kekurangan Anda, atau tantangan yang akan Anda hadapi dalam peran yang Anda lamar," kata Hyman. "Waktu yang salah untuk memikirkan hal ini adalah saat wawancara, karena Anda akan kelelahan."

Sekalipun Anda pandai berkomunikasi, Anda perlu menyiapkan beberapa poin pembicaraan penting sehingga nantinya tidak meraba-raba atau bertele-tele dalam wawancara.

Berikut tips Hyman untuk menjawab tiga pertanyaan umum:

ü  "Jadi ceritakan tentang diri Anda." Usahakan tanggapannya singkat atau kurang dari satu menit. Jangan mengoceh. Soroti kekuatan dan pencapaian Anda.

ü  "Cobalah komunikasikan apa yang memotivasi Anda dan bagaimana Anda ingin membuat perbedaan dalam peran Anda selanjutnya," kata Hyman.

ü  "Apa pencapaian terbesarmu?" Pikirkan pencapaian karier utama dan jelaskan secara singkat langkah-langkah yang Anda ambil untuk mencapainya. Pastikan untuk mengukurnya dengan angka seperti "peningkatan penjualan sebesar X%" atau "peningkatan kepuasan pelanggan sebesar Y."

ü  "Bisakah Anda menjelaskan kesenjangan ini dalam resume Anda?" Hyman mengatakan Anda harus menjawabnya dengan jujur, lugas, dan tidak menyesal, serta jelaskan secara singkat. "Akhiri dengan catatan positif dan soroti apa yang Anda pelajari dari pengalaman tersebut," katanya.

 

 

(https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20240114100930-33-505433/badai-phk-menggila-ini-tips-dapat-kerja-impian-di-2024)



0 Comments

Add a Comment

Add a Comment

Tentang Kami

Website Alumni Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto adalah portal berita, tips, lowongan, agenda, dan sebagainya yang bermanfaat bagi alumni, mahasiswa dan seluruh keluarga besar Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto Yogyakarta

Kontak Kami

Jalan Janti Blok. R, Lanud Adisutjipto, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198

(0274) 451262